Selasa, 28 Juni 2011

RPP dan SILABUS PENCAK SILAT SMP


  SILABUS DAN
RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran Muatan Lokal
Pencak Silat








SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
SMPN 2 CIKIDANG
Jl. Desa Cikiray Kp. Tegalega Telp. (0266) 621059 Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi



PEMERINTAH KABUPATEN SUKABUMI
DINAS PENDIDIKAN
Jl. Raya Cisaat Komplek Gelanggang Pemuda Telp. (0266)  222655 Faks (0266) 218054 Kabupaten Sukabumi



PRAKATA
BUPATI SUKABUMI

Dewasa ini, kita menghadapi dua kecenderungan besar yang telah dan akan mempengaruhi proses pembangunan. Pertama, adalah makin dirasakan perlunya orientasi nilai tambah dalam rangka meningkatkan produktivitas nasional dan pertumbuhan ekonomi sebagai upaya memelihara dan meningkatkan pembangunan bekelanjutan. Orientasi nilai tambah yang akan meningkatkan keunggulan kompetitif bangsa Indonesia hanya dapat dicapai dengan keuangulan kualitas sumber daya manusia. Kedua,Proses globalisasi yang mengakibatkan persaingan antar bangsa semakin tajam terutama dalam bidang ekonomi serta ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) sebagai tulang pungungnya. Hanya negara yang unggul dalam bidang ekonomi dan Iptek serta didukung oleh nilai-nilai budayanya yang kondusif, yang akan dapat mengambil manfaat besar dari globalisasi. Keunggulan tersebut dapat dicapai terutama dengan sumber daya manusia yang berkualitas. Sejarah menunjukkan bahwa kemajuan suatu bangsa tergantung pada keberhasilannya dalam pembangunan sumber daya manusia. Peranan kebudayaan sangat penting, yaitu sebagai pendorong dan sekaligus pengarah dalam proses era globalisasi dunia. Dalam konsteks pengembangan sumber daya manusia, pendidikan sebagai usaha sadar diarahkan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar dapat diwujudkan dalam bentuk kemampuan, keterampilan, sikap dan kepribadian.

Sungguh tidak diragukan lagi,  bahwa pendidikan yang bermutu akan sangat menentukan dalam keberhasilan pembangunan sumber daya manusia. Salah satu wahana yang dapat dimanfaatkan guna mewujudkan masyarakat yang berkualitas tersebut adalah pencak silat terutama dalam penguatan identitas kebudayaan dan kebangsaan. Karena itulah, saya menyambut baik prakarsa pengurus IPSI dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi memberikan penguatan pencak silat menjadi salah satu Mata Pelajaran Muatan Lokal di SD, SMP, dan SMA/sederajat.

Kepada para pendekar pencak silat, pengurus IPSI dan Dinas Pendidikan, saya sampaikan penghargaan atas jerih payah dan komitmen yang kokoh untuk memajukan kebudayaan bangsa melalui Mulok Pencak silat ini. Semoga Allah SWT memberkahi  dan melindungi kita semua untuk kejayaan bangsa dimasa yang akan datang.




Sukabumi, 19 April 2010
04 Jumadilula 1431 H

Bupati Sukabumi,



                                                                            . H. SUKMAJAYA.



PRAKATA
KETUA IPSI KABUPATEN SUKABUMI


Pencak silat merupakan budaya bangsa Indonesia harus terus dilestarikan,  dikembangkan dan ditingkatkan keberadaannya Pencak Silat telah berkembang pesat selama abad ke-20 dan telah menjadi olah raga kompetisi di bawah penguasaan dan peraturan Persilat (Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa, atau The International Pencak Silat Federation). Pencak silat sedang dipromosikan oleh Persilat di beberapa negara di seluruh 5 benua, dengan tujuan membuat pencak silat menjadi olahraga Olimpiade. Persilat mempromosikan Pencak Silat sebagai kompetisi olah raga internasional. Selain sebuah kegembiraan juga tersirat rasa ke khawatiran bila pencak silat dapat Go internasional terbuka untuk dunia, tanpa sebuah upaya dari kita untuk terus menerus melakukan pembinaan, pengembangan, dan peningkatan kesadaran kepada generasi penerus bangsa khususnya anak cucu kita maka tidak mustahil pencak silat akan tergusur dan  asing di negaranya sendiri.  Atas dasar itulah IPSI memamdang bahwa salah satu upaya yang cukup esensial untuk dilakukan adalah memasukan Pencak silat menjadi mata pelajaran Muatan Lokal di sekolah baik di SD, SMP, SMA/SMK. sehingga pencak silat selain dapat dilestarikan juga semakin berkembang sesuai dengan tuntutan jaman. Di sisi lain kebudayaan khususnya pencak silat memiliki peranan yang sangat penting, yaitu sebagai pendorong atau sekaligus pengarah dalam proses kekenyalan budaya yang berpijak pada jatidiri bangsa, sehingga dapat mencegah masuknya unsur-unsur budaya yang destruksif, hal ini memungkinkan karena pencak silat senantiasa dibingkai nilai-nilai etika serta keimanan dan ketaqwaan sehingga memberikan bobot yang seimbang dalam proses pembangunan karakter bangsa dan pembangunan nasional pada umumnya.

Terima kasih dan pengahragaan disampaikan kepada Bupati Sukabumi yang telah memberikan sumbangsih begitu besar dan kepeduliannya terhadap Pencak silat.Terima kasih dan penghargaan juga ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi  yang telah memberikan ruang terlaksananya  pencak silat sebagai slah satu mata pelajaran muatan lokal di sekolah. Tak lupa kepada para pendekar dan seniman Pencak silat yang telah memberikan saran-saran, ide  dan gagasan sehingga mata pelajaran muatan lokal pencak silat ini menjadi kenyataan. Atas  segala kebaikan yang telah diberikan Semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang berlipat ganda atas segala   segala kebaikan yang telah diberikan



Sukabumi, 19 April 2010
04 Jumadilula 1431 H

Ketua IPSI Kabupaten Sukabumi,



                                                                            Drs. H. IYOS SOMANTRI, M.Si.



KATA PENGANTAR


Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi menyambut gembira atas ide dan gagasan IPSI dan para tokoh silat Kabupaten Sukabumi untuk memasukan Pencak silat sebagai salah satu mata pelajaran, hal ini tentu akan menambah khasanah dan keragaman nilai-nilai budaya yang akan disampaikan  kepada seluruh peserta didik, dengan demikian peserta didik akan menerima unsur-unsur budaya yang positif dan konstruktif serta cukup kuat dalam mencegah masuknya unsur-unsur budaya yang destruktif selain itu tentu menjadi sebuah upaya penguatan identitas kebudayaan dan kebangsaan.

Sebagai mata pelajaran tentunya mulok pencak silat harus memenuhi Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, setiap sekolah/madrasah mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI) dan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). Panduan Penyusunan KTSP terdiri atas dua bagian, yaitu bagian pertama berupa Panduan Umum dan bagian kedua Model KTSP.

Panduan Umum memuat pedoman dan rambu-rambu yang perlu diacu, dijabarkan dari berbagai ketentuan-ketentuan tentang kurikulum yang terdapat dalam UU No. 20 tahun 2003 dan PP No. 19 tahun 2005, serta aturan pada umumnya yang berlaku dalam mengembangkan kurikulum. Panduan Umum diterbitkan terpisah dari model KTSP. Demikian pula Kurikulum Muatan Lokal  Pencak silat yang telah disusun ini hanya merupakan contoh, model silabus ini, ditujukan bagi satuan pendidikan yang belum mampu mengembangkan kurikulum secara mandiri, dengan demikian hendaknya tidak digunakan secara utuh oleh satuan Pendidikan, namun dapat dimanfaatkan sebagai referensi, kecuali pada model ibing pencak silat  yang menjadi ciri khas Kabupaten Sukabumi hendaknya sebagai standar gerak yang bersifat umum, namun untuk pengembangan, Satuan Pendidikan perlu memperhatikan kepentingan dan kekhasan daerah, dan peserta didik sehingga pencak silat selain dapat dilestarikan juga semakin berkembang sesuai dengan tuntutan jaman.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih banyak kepada  Bapak Bupati Sukabumi, dan IPSI Kabupaten Sukabumi yang telah memfasilitasi Pencak silat sebagai mata pelajaran Mulok di Kabupaten Sukabumi dan para  pakar yang berasal dari berbagai paguron, dan para sesepuh pencak silat yang ada di Kabupaten Sukabumi. Selain itu, ucapan terima kasih juga ditujukan kepada para guru dan pembina mata pelajaran Muatan Lokal Pencak silat di lingkungan SD, SMP dan SMA/SMK yang telah membantu proses validasi dan uji coba mulok ini.  Berkat sumbangsih dan kerjasama yang baik dari mereka model silabus mata pelajaran Muatan Lokal Pencak silat untuk SD, SMP, SMA/SMK  ini dapat diselesaikan.

Sukabumi, 19 April 2010
04 Jumadilula 1431 H
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi,


                                                                            Drs. H. ZAINAL MUTAQIN, M.Si.
NIP. 19560823 198103 1007
BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Sedangkan tujuan pendidikan nasional adalah berkembangnya potensi agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepa Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Atas dasar fungsi dan tujuan pendidikan tersebut diatas tersirat selain memiliki sejumlah kompetensi  tentunya, pendidikan harus menghasilkan peserta didik yang memiliki kepekaan terhadap nilai-nilai budaya bangsa, nilai-nilai kejuangan dan patriotisme salah satunya adalah pencak silat.

Mata Pelajaran Pencak silat telah diajarkan disekolah-sekolah sebagai salah satu mata pelajaran muatan lokal (mulok) kelompok kesenian daerah baik di SD,SMP maupun SMA hal ini didasarkan pada SK Kepala Kantor Wilayah Depdikbud Provinsi Jawa Barat   No. 979/102/Kep/I/1994. Namun sejak bergulirnya otonomi daerah sejalan dengan diberlakukannya Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) dimana sekolah diberi keleluasaan untuk mengelola sekolah termasuk didalamnya mengenai kurikulum maka manajemen sekolah disesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah, salah satu akibatnya mulok Pencak silat dibeberapa sekolah sudah mulai tidak diajarkan bahkan sekolah yang masih menyajikan mulok pencak silat dapat dihitung dengan jari. maka agar pencak silat dapat dijadikan sebagai salah satu mata pelajaran mulok di sekolah tentunya diperlukan landasan hukum yang lebih mengikat dalam kerangka otonomi daerah, hal ini dibutuhkan dalam rangka mewujudkan pembentukan karakter(Carakter Building) nasional. Dengan dimasukannya pencak silat sebagai mata pelajaran muatan lokal tentunya menjadi langkah yang maju dan sangat strategis untuk memasyarakatkan dan mengembangkan seni budaya pencak silat serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya secara massal kepada generasi muda khususnya kalangan pelajar di Kabupaten Sukabumi. Oleh karena itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Suakabumi bekerja sama dengan IPSI Kabupaten Sukabumi  mencoba menyusun Kurikulum Pencak silat sebagai salah satu upaya untuk mempertahankan dan melestarikan seni budaya bela diri Pencak silat.
     

B.  Tujuan

Mengembangkan potensi peserta didik agar :  memiliki pengetahuan sejarah pencak silat, organisasi dan peraturan pertandingan, kepekaan sosial,  derajat sehat dan kebugaran yang baik, memiliki keterampilan gerak dasar dan gerak lanjutan pencak silat, memiliki kesadaran dan kecintaan terhadap seni budaya pencak silat, dan  terbentuknya rasa percaya diri

C.  Ruang Lingkup

Materi pembelajaran mulok pencak silat di SMP/MTs selain materi  sejarah , perkembangan pencak silat, asfek  pembentukan Gerak,  asfek seni juga di tekankan pada asfek olahraga. Pada dasarnya pelaksanaan dan pengembangan materi sepenuhnya diserahkan kepada guru sesuai dengan kaidah-kaidah KTSP. (bila dipandang perlu IPSI Kabupaten Sukabumi menyiapkan panduan materi jurus-jurus ibing baku yang dijadikan standar) 

SILABUS

Sekolah                                 : SMPN 2 CIKIDANG
Mata Pelajaran                    : Muatan Lokal Pencak silat
                  Kelas                                        : VII semester 1

Standar Kompetensi           : Memahami sejarah  dan perkembangan  pencak silat , mampu melakukan teknik dasar kuda-kuda, teknik belaan dasar dan pembelaan lanjutan


Kompetensi
Dasar

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian
Kompetensi

Penilaian

Alokasi
Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen

Mampu menjelaskan sejarah pencak silat




Mampu  melakukan  teknik dasar kuda-kuda .






Mampu menjelaskan dan melakukan jenis-jenis  pembelaan  dasar



Mampu memperagakan jenis-jenis  pembelaan  lanjutan


Sejarah pencak silat.





Kuda-kuda dasar :
1.    Kuda-kuda depan
2.    Kuda-kuda belakang
3.    Kuda-kuda tengah
4.    Kuda-kuda samping
5.    Kuda-kuda silang depan
6.    Kuda-kuda silang blkng

Tangkisan :
1.    Atas
2.    Bawah
3.    Dalam
4.    Luar


Jenis-jenis pembelaan lanjutan :
1.       Tangkapan
2.       Hindaran
3.       Lepasan
4.       Kuncian


Menelaah sejarah pencak silat,  Perkembangan pencak silat dan perkembangan IPSI 


Memjelaskan dan memperagakan macam-macam kuda-kuda dasar





Menjelaskan dan melakukan jenis-jenis  pembelaan dasar




Memperagakan jenis-jenis  pembelaan  lanjutan



Mampu menjelaskan sejarah pencak silat.
 



Mampu  memperagakan macam-macam kuda-kuda dasar





Mampu memperagakan jenis-jenis  pembelaan dasar




Mampu memperagakan jenis-jenis teknik pembelaan lanjutan dengan teknik yang baik dan benar

Ulangan Harian




Ulangan Harian






Ulangan Harian





Ulangan Harian

1.    Tanya jawab





1.    Unjuk Kerja
2.    Pengamatan
3.    Tanya jawab





1.      Pengamatan
2.      Tanya jawab




1.   Unjuk Kerja
2.   Pengamatan


1.    Jelaskan Sejarah Pencak silat pd jaman perjuangan dan kemerdeaan


1.    Peragakan macam-macam kuda-kuda dasar





1.    Peragakan teknik jenis-jenis  pembelaan dasar




1.    Peragakan jenis-jenis teknik pembelaan lanjutan dengan teknik yang baik dan benar

2 x 40 menit






4 x 40 menit






4 x 40 menit






3 x 40 menit



1.    Buku referensi
2.    CD Pembelajaran  Pencak silat
3.     Pengalaman Pribadi


1.    Buku referensi
2.    CD Pembelajaran  Pencak silat
3.    Pengalaman Pribadi


1.    Buku referensi
2.    CD Pembelajaran
     Pencak silat
3.    Pengalaman Pribadi


1.    Buku referensi
2.    CD Pembelajaran
     Pencak silat


SILABUS

Sekolah                                 : SMPN 2 CIKIDANG
Mata Pelajaran                    : Muatan Lokal Pencak silat
                  Kelas                                        : VII semester 2

Standar Kompetensi           : Memahami organisasi pencak silat  dan menguasai rangkaian gerak dasar pencak silat


Kompetensi
Dasar

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian
Kompetensi

Penilaian

Alokasi
Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen

Mampu menjelaskan perkembangan organisasi pencak silat 








Mampu memperagakan rangkaian keterampilan bentuk-bentuk sikap gerak dasar pencak silat jurus baku khas Sukabumi dengan diiringi irama musik
 

Organisasi pencak silat lokal, regional, dan nasional serta perkembangan organisasi IPSI








Gerakan Jurus baku khas   Kabupaten Sukabumi.  



Menjelaskan sejarah perkembangan organisasi pencak silat










Memperagakan Jurus baku khas   Kabupaten Sukabumi.  



Mampu menjelaskan perkembangan sejarah  organisasi  pencak silat





Mengetahui keterampilan bentuk-bentuk rangkaian gerak dasar pencaksilat.




Mampu memperagakan teknik rangkaian bentuk-bentuk gerak dasar pencak silat diiringi irama musik pengiring pencak silat.  \



Tes







Tes





Tes



1.    Tanya jawab







1.   Unjuk Kerja
2.   Pengamatan




1. Unjuk kerja
2. Pengamatan





1.    Jelaskan Sejarah perkembangan organisasi Pencak silat




1. Peragakan bentuk-bentuk rangkaian gerak dasar pencaksilat.


1.      Peragakan teknik rangkaian bentuk-bentuk gerak dasar pencak silat diiringi irama musik pengiring pencak silat.  \


2 x 40 menit







4 x 40 menit





 7 x 40 menit







1.    Buku referensi
2.    CD Pembelajaran  Pencak silat
3.    Pengalaman Pribadi



1.       Buku referensi
2.       CD Pembelajaran  Pencak silat
3.    Pengalaman Pribadi

1.    Buku referensi
2.    CD Pembelajaran
     Pencak silat







SILABUS


Sekolah                                 : SMPN 2 CIKIDANG
Mata Pelajaran                    : Muatan Lokal Pencak silat
                  Kelas                                        : VII semester 2

Standar Kompetensi           : Memahami  dan menguasai gerak dasar teknik tanding , TGR pencak silat, dan mampu memperagakan jurus baku dengan diiringi irama musik
                                                 


Kompetensi
Dasar

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian
Kompetensi

Penilaian

Alokasi
Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen

Mampu menjelaskan gerak dasar TTGR pencak silat dan mampu memperagakan teknik dasar TTGR dengan koordinasi yang baik, nilai kejujuran, menghormati lawan,dan   percaya diri,




Mampu memperagakan rangkaian teknik gerak dasar pencak silat diiringi irama musik.


Gerak dasar TGR




Gerak dasar tanding









Jurus-jurus baku Sukabumi (lanjutan)

Menjelaskan dan mempraktekan teknik gerak dasar TGR


Mempraktikan variasi keterampilan gerak   olah raga pencak silat yang menggunakan komponen memukul, menendang, dan mengelak/menangkis




Mempraktikan Jurus-jurus baku Sukabumi (lanjutan)

Mampu menjelaskan dan memperagakan teknik gerak dasar TGR


Mampu mempraktikan variasi keterampilan gerak   olah raga pencak silat yang menggunakan komponen memukul, menendang, dan mengelak/menangkis




Mampu mempraktikan Jurus-jurus baku Sukabumi (lanjutan)

Tes




Tes









Tes




1. Unjuk Kerja
2. Tanya jawab
3. Pengamatan


1.   Unjuk Kerja
2.   Pengamatan








1.   Unjuk kerja
2.   Pengamatan





1.    Jelaskan dan memperagakan teknik gerak dasar TGR

2.    Praktikan variasi keterampilan gerak   olah raga pencak silat yang menggunakan komponen memukul, menendang, dan mengelak/menangkis


1.    Peragakan teknik rangkaian bentuk-bentuk gerak dasar pencak silat diiringi irama musik pengiring pencak silat.  \


2 x 40 menit




4 x 40 menit









 7 x 40 menit







1. Buku referensi
2. CD Pembelajaran  Pencak silat


1. Buku referensi
2. CD Pembelajaran  Pencak silat







1. Buku referensi
2. CD Pembelajaran
     Pencak silat





SILABUS


Sekolah                                 : SMPN 2 CIKIDANG
Mata Pelajaran                    : Muatan Lokal Pencak silat
                  Kelas                                        : VIII semester 1

Standar Kompetensi           : Memahami  dan menguasai gerak dasar teknik tanding , TGR pencak silat , dan menguasai gerak rangkai dengan diiringi irama musik pengiring pencak silat


Kompetensi
Dasar

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian
Kompetensi

Penilaian

Alokasi
Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen

Mampu menjelaskan gerak dasar TTGR pencak silat dan mampu memperagakan teknik dasar TTGR dengan koordinasi yang baik, serta nilai kejujuran, menghormati lawan, dan percaya diri. 




Mampu memperagakan rangkaian teknik gerak dasar pencak silat diiringi irama musik.


Rangkaian Gerak Teknik TGR dan Tanding












Rangkaian gerakan Jurus baku khas Kabupaten Sukabumi.  



Menjelaskan dan mempraktekan teknik gerak dasar TGR (lanjutan)

Mempraktikan variasi keterampilan gerak   olah raga pencak silat yang menggunakan komponen memukul, menendang, dan mengelak/menangkis
(lanjutan)


Mempraktikan Jurus-jurus baku Sukabumi (lanjutan)

Menjelaskan teknik tanding



Mempraktikan variasi keterampilan gerak   olah raga pencak silat yang menggunakan komponen memukul, menendang, dan mengelak/menangkis (lanjutan)


Memperagakan dan mengkoordinasikan gerak dasar pencak silat di iringi irama musik

Tes




Tes








Tes




1.    Unjuk Kerja
2.    Tanya jawab
3.    Pengamatan


1.    Unjuk Kerja
2.    Pengamatan







1.    Unjuk kerja
2.    Pengamatan





1.   Jelaskan dan memperagakan teknik gerak dasar TGR


2.   Praktikan variasi keterampilan gerak   olah raga pencak silat yang menggunakan komponen memukul, menendang, dan mengelak/menangkis


1.   Peragakan teknik rangkaian bentuk-bentuk gerak dasar pencak silat diiringi irama musik pengiring pencak silat.  \


2 x 40 menit




4 x 40 menit








 7 x 40 menit







1.    Buku referensi
2.    CD Pembelajaran  Pencak silat


1.    Buku referensi
2.    CD Pembelajaran  Pencak silat






1.    Buku referensi
2.    CD Pembelajaran
     Pencak silat






SILABUS



Sekolah                                 : SMPN 2 CIKIDANG
Mata Pelajaran                    : Muatan Lokal Pencak silat
                  Kelas                                        : VIII semester 2

Standar Kompetensi           : Memahami pokok-pokok peraturan pertandingan olah raga pencak silat dan TGR serta menguasai gerak dasar teknik bertanding pencak silat



Kompetensi
Dasar

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian
Kompetensi

Penilaian

Alokasi
Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen

.Mampu menjelaskan pokok-pokok peraturan pertandingan olah raga pencak silat dan TGR.





Mampu memperagakan teknik dasar tanding dengan koordinasi yang baik, serta nilai kejujuran, menghormati lawan, dan percaya diri.


Peraturan pertandingan  olahraga  pencak silat dan  TGR







Teknik dasar tanding :
a.    Serangan pukulan dan tendangan
b.    Teknik pembelaan
c.    Jatuhan
d.    Kuncian
      



Penjelasan Peraturan pertandingan  olahraga  pencak silat dan  TGR







Mempraktek Teknik dasar tanding :
a.    Serangan pukulan dan tendangan
b.    Teknik pembelaan
c.     Jatuhan
d.    Kuncian
      


Menjelaskan pokok-pokok peraturan pertandingan olahrag pencak silat yang menyangkut peserta, perlengkapan pertandingan, dan paraturan pertandingan serta peraturan TGR.
 

Mampu memparagakan teknik tanding pencak silat .

Tes









Tes




1.   Tanya jawab
2.   Pengamatan








1.   Unjuk kerja
2.   Pengamatan





1.    Jelas peraturan pertandingan olahraga pencak silat.
2.    Jelaskan peraturan pertandingan TGR





1.    Peragakan teknik rangkaian bentuk-bentuk gerak dasar pencak silat diiringi irama musik pengiring pencak silat.  \


6 x 40 menit









 7 x 40 menit







1.    Buku referensi
2.    CD Pembelajaran  Pencak silat







1.    Buku referensi
2.    CD Pembelajaran
     Pencak silat





SILABUS
Sekolah                                 : SMPN 2 CIKIDANG
Mata Pelajaran                    : Muatan Lokal Pencak silat
                  Kelas                                        : IX semester 1

Standar Kompetensi           : Memahami Tugas wasit/juri pencak silat , Menguasai irama musik pengiring pencak silat



Kompetensi
Dasar

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian
Kompetensi

Penilaian

Alokasi
Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen

.Mampu menjelaskan tugas wasit/juri pencak silat










Mampu memperagakan rangkaian teknik gerak dasar pencak silat diiringi irama musik.


Pedoman pelaksanaan tugas wasit dan juri olah raga  pencak silat .









Gerakan Jurus baku khas Kabupaten Sukabumi.  




Penjelasan Pedoman pelaksanaan tugas wasit dan juri olah raga  pencak silat .








Praktek Gerakan Jurus baku khas Kabupaten Sukabumi.  




-   Menjelaskan tugas pokok wasit dan juri  pertandingan olahraga pencak silat yang menyangkut sikap dan laku memimpin pertandingan dan pengambilan keputusan .
-   Mempraktekan tugas wasit /juri


Memperagakan dan mengkoordinasikan gerak dasar pencak silat di iringi irama musik

Tes











Tes




1.   Tanya jawab
2.   Pengamatan










1.   Unjuk kerja
2.   Pengamatan





1.   Jelas peraturan pertandingan olahraga pencak silat.
2.   Jelaskan peraturan pertandingan TGR







1.   Peragakan teknik rangkaian bentuk-bentuk gerak dasar pencak silat diiringi irama musik pengiring pencak silat.  \


6 x 40 menit











 7 x 40 menit







1.    Buku referensi
2.    CD Pembelajaran  Pencak silat









1.    Buku referensi
2.    CD Pembelajaran
     Pencak silat


              





SILABUS


Sekolah                                 : SMPN 2 CIKIDANG
Mata Pelajaran                    : Muatan Lokal Pencak silat
                  Kelas                                        : IX semester 2

Standar Kompetensi           : Memahami dan menguasai jurus   Ibing baku serta mengusai gerak dasar teknik tanding.



Kompetensi
Dasar

Materi Pokok/Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian
Kompetensi

Penilaian

Alokasi
Waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen

.Mampu menjelaskan tugas wasit/juri pencak silat










Mampu memperagakan rangkaian teknik gerak dasar pencak silat diiringi irama musik.


Pedoman pelaksanaan tugas wasit dan juri olah raga  pencak silat .









Gerakan Jurus baku khas Kabupaten Sukabumi.  




Penjelasan Pedoman pelaksanaan tugas wasit dan juri olah raga  pencak silat .








Praktek Gerakan Jurus baku khas Kabupaten Sukabumi.  




-   Menjelaskan tugas pokok wasit dan juri  pertandingan olahraga pencak silat yang menyangkut sikap dan laku memimpin pertandingan dan pengambilan keputusan .
-   Mempraktekan tugas wasit /juri


Memperagakan dan mengkoordinasikan gerak dasar pencak silat di iringi irama musik

Tes











Tes




1.   Test tulis/lisan










1.   Unjuk kerja
2.   Pengamatan





1. Jelas tugas pokok wasit  pencak silat.
2. Jelaskan peraturan pertandingan dan TGR







1. Lakukan teknik rangkaian bentuk-bentuk gerak dasar pencak silat diiringi irama musik pengiring pencak silat.  \


6 x 40 menit











 7 x 40 menit







1.    Buku referensi
2.    CD Pembelajaran  Pencak silat









1.    Buku referensi
2.    CD Pembelajaran
     Pencak silat